Cara Mengatasi Stres Dengan Cara Alami

Stres adalah tekanan atau beban pikiran yang melebihi batas kemampuan pikiran, yang mengakibatkan tindakan menjadi tidak terkontrol, pikiran menjadi labil, mudah tersinggung, mudah marah dan sebagainya. Stres merupakan beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga mengakibatkan perbuatan kurang terkontrol secara sehat.

cara mengatasi stres

Stres biasanya terjadi saat kita dihadapkan dengan suatu kondisi dimana kita mengalami kesulitan dalam memecahkan suatu masalah misalnya, mendapat pekerjaan yang belum pernah kita kerjakan sebelumnya atau mengalami masalah sakit hati, sehingga pikiran kita menjadi tertekan dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu sangat penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi stres.

Berikut Ini Adalah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Stres

  • Faktor Pribadi
  • Faktor Lingkungan (Sosial)
  • Faktor Organisasi (Pekerjaan)

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menimbulkan Stres

  • Menunda-nunda pekerjaan
  • Terlalu perfeksionis
  • Terlalu sibuk membanding-bandingkan
  • Jarang olahraga
  • Kebiasaan menyimpan masalah sendiri

Jangan anggap spele terjadinya stres karena ternyata stress juga dapat mengundang penyakit, diantaranya adalah:

  • Akan Mudah jengkel
  • Akan menimbulkan sariawan
  • Akan menimbulkan sakit kepala
  • Akan menimbulkan tekanan darah tinggi
  • Akan menimbulkan kehilangan selera makan
  • Akan menimbulkan terjadinya kecelakaan
  • Akan menimbulkan serangan jantung

Berikut Ini Adalah Tips Cara Untuk Mengatasi Stres

Olahraga
Selain dapat menjaga kesehatan jasmani olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rohani.

Melakukan kegiatan yang disenangi
Dengan melakukan kegiatan yang kita hobi, atau hal - hal yang kita senangi, maka akan mengatasi stres dan akan menjaga datangnya stres

Tidur secara teratur
Waktu tidur yang sehat yaitu 6 - 8 jam, jika kurang tidur biasanya tubuh akan mudah letih dan merasa malas untuk melakukan pekerjaan.

Curhat
Jika anda mempunyai masalah yang berat, anda bisa menceritakannya pada orang-orang disekitar anda, dengan harapan mereka bisa memberikan solusi atas masalah yang sedang kita hadapi.

Nonton acara komedi (humor)
Saat sedang mengalami kejenuhan / stres, cobalah luangkan waktu anda untuk melihat acara komedi di televisi, cara ini terbilang ampuh untuk mengatasi stres.

Tarik nafas dalam - dalam
Saat merasa tertekan, nervous, ataupun stres pasti bernafas akan semakin cepat, maka dari itu tariklah nafas dalam - dalam lalu keluarkan secara perlahan. Hal tersebut dapat melacarkan aliran oksigen ke otak dan akan membuat menjadi lebih rileks.

Melakukan meditasi
Meditasi atau kegiatan menenangkan fikiran dapat dilakukan ditempat - tempat yang jauh dari keramaian dan kebisingan suana kota. Untuk orang yang terbiasa melakukan yoga, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya meditasi.

Fokus pada satu pekerjaan
Jika mempunyai lebih dari 1 pekerjaan yang belum terselesaikan, sebaiknya catat semua daftar pekerjaan dan selesaikan satu - persatu dimulai dari yang termudah. Dengan begitu maka akan terhindar dari penumpukan pekerjaan dan lebih tenang dalam bekerja sehingga akan terhindar dari stres.

Istirahat yang cukup
Salah satu penyebab stres adalah memaksakan tubuh yang sudah lelah untuk bekerja secara terus menerus. Ingat kalau tubuh kita bukan robot, robot pun kalau habis batre pasti akan mati, apalagi manusia. Maka dari itu istirahatlah yang cukup agar tubuh kita bisa pulih dan siap untuk melakukan aktivitas dihari esok.

Berfikir positif
Berfikir positif akan menghasilkan tindakan yang positif pula, maka dari itu berfikiran positiflah terhadap segala sesuatu yang terjadi pada diri kita, dengan begitu diri kita akan meresponnya secara positif juga.

Tidak mungkin jika tidak ada orang yang tidak mengalami stres, orang yang tidak stress mungkin adalah orang yang tidak peduli sama sekali, yaitu orang yang apatis tidak punya sasaran hidup. Namun itu tidak mungkin, karena untuk sesuap nasi pun orang harus berpikir dan melakukan sesuatu, setiap orang akan berhadapan dengan masalah hidup sehari - hari sekalipun tingkat kesulitan yang mengakibatkan stres.
Title : Cara Mengatasi Stres Dengan Cara Alami
Description : Stres adalah tekanan atau beban pikiran yang melebihi batas kemampuan pikiran, yang mengakibatkan tindakan menjadi tidak terkontrol, pikiran...