Manfaat Khasiat Jeruk Purut Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman jeruk memiliki banyak jenis salah satunya yaitu jeruk purut (Citrus histrix), hal yang membedakan jeruk purut dengan jeruk lainya adalah wanginya yang sangat wangi, dan banyak sekali orang menggunakanya sebagai tambahan bumbu dapur.

khasiat jeruk purut

Tanaman jeruk purut merupakan perdu yang tumbuh dengan gampang dan biasa digunakan untuk menghiasi pekarangan rumah. Daunnya yang berwarna hijau tua dan buahnya berbentuk bulat telur ternyata dapat digunakan sebagai herbal alami, hal ini dikarenakan adanya kandungan zat-zat seperti tanin, steroid triterpenoid, dan juga minyak atsiri. Sifat dari daun buah jeruk purut ini adalah antiseptik sehingga baik untuk stimulan, penyegar, pewangi rambut kepala, dan mengobati penyakit kulit, bahkan minyak yang ada pada daun jeruk purut konon dipercaya mampu menyuburkan rambut.

Kandungan 
  • Kandungan yang ada dalam daun jeruk purut adalah: minyak atsiri, tanin, dan steroid triterpenoid
  • Kandungan yang ada dalam kulit buah adalah: sitrat, tanin, steroid, triterpenoid dan saponin.

Tanaman jeruk purut berkhasiat untuk mengatasi:

  • kulit bersisik
  • badan lelah
  • mewangikan kulit
  • influenza
  • rambut kepala yang bau
  • menghilangka bau amis

Berikut beberapa contoh mengolah jeruk purut untuk dijadikan sebagai obat tradisional:

Merawat kulit wajah
Hal ini tentunya sangat cocok untuk orang yang memiliki permasalahan pada kulit wajah, misalnya seperti: Wajah kusam, wajah berminyak dan bekas noda akibat jerawat. Cara mengatasi masalah-masalah tersebut bisa menggunakan jeruk purut, dengan mengiris jeruk purut yang sudah dicuci bersih kemudian tempelkan pada bagian wajah yang bermasalah. Hal ini bertujuan untuk menunda penuaan dini pada kulit wajah.

Mengatasi kulit kering
Manfaat jeruk purut untuk kecantikan salah satunya adalah untuk mengatasi kulit kering. Cara menggunakannya cukup mengoleskan jeruk purut yang telah dicuci dan diiris kebagian kulit kering, lakukan dengan rutin sebelum tidur malam untuk mendapat hasil yang maksimal.

Merawat kesehatan rambut
Memiliki rambut lebat dan sehat membuat kita merasa percaya diri, ternyata jeruk purut juga dapat digunakan untuk merawat rambut supaya menjadi sehat dan juga menghilangkan ketombe, cukup dengan menggunakan sari jeruk purut kemudian balurkan dibagian akar rambut hingga merata, ternyata hal ini bertujuan agar rambut tidak mudah rontok.

Menjaga daya tahan tubuh
Dengan mengkonsumsi air jeruk purut, kekebalan atau tingkat daya tahan tubuh akan meningkat, dalam hal ini vitamin C bermanfaat untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh, sehingga akan terhindar dari batuk dan penyakit lainnya seperti influenza.

Mengatasi batuk
Batuk yang mengganggu pernapasan bisa diatasi dengan mengkonsumsi sari jeruk purut yang dicampur dengan madu dan tambahkan sedikit air hangat. Kemudian minum secara rutin setidaknya dalam satu hari sebanyak 3 kali.

Influenza
Ambil perasan jeruk purut yang telah matang, campurkan dengan air panas atau hangat sebanyak 60 cc. Diminum dalam keadaan hangat untuk melegakan pernafasan.

Kulit bersisik dan mengelupas
Gosokan potongan jeruk purut pada permukaan kulit yang ngelupas atau bersisik, hal ini hanya di lakukan satu hari dalam sehari, lakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur

Masuk angin, luka dan patah tulang
Remas daun jeruk purut secukupnya dengan menggunakan tangan secara bersamaan dengan daun jambu air sampai halus, kemudian oleskan dibagian yang sakit dengan dipijat-pijat secara perlahan. Khusus untuk sakit tulang alangkah baiknya jika dibalutkan dengan menggunakan kain yang berwarna hitam agar minyak bisa mudah menyerap.

Badan lelah setelah bekerja atau letih setelah sakit berat
Rebus tiga genggam daun jeruk purut dalam 5 liter air, kira kira selama 10 menit hingga mendidih. tuangkan atau campurkan dengan air dingin dan gunakan untuk mandi.

                                                             ============

Hanya itu yang bisa saya sampai tentang manfaat khasiat jeruk purut, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan jangan lupa lihat manfaat khasiat tanaman lainnya.
Title : Manfaat Khasiat Jeruk Purut Untuk Kesehatan Tubuh
Description : Tanaman jeruk memiliki banyak jenis salah satunya yaitu jeruk purut ( Citrus histrix ), hal yang membedakan jeruk purut dengan jeruk lainya ...