Manfaat Khasiat Tanaman Cincau Untuk Kesehatan

Di Indonesia terdapat dua jenis cincau yang dikenal orang, yaitu cincau hijau dan hitam. Cincau berwarna hijau dihasilkan dari dua jenis tumbuhan yaitu tanaman merambat Cylea berbata Myers dan tanaman perdu Premna oblongifolia. Kedua tanaman tersebut sama-sama menghasilkan cincau hijau yang konsistensinya lebih padat dibandingkan cincau hitam.

manfaat khasiat tanaman cincau

Daun cincau mengandung berbagai macam zat yang baik yaitu karbohidrat yang menyerap air, zat lemak dan alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine dan dimetil tetradine, polifenol, saponoid dan flavonoida.

Berikut ini manfaat khasiat tanaman cincau untuk mengatasi beberapa penyakit serta cara mengolahnya:

Mengobati sakit perut dan hipertensi
Ambil daun cincau lalu diremas-remas dengan air matang secukupnya, saring dan dibiarkan beberapa saat sampai bentuknya menyerupai agar-agar, lalu ditambah santan kelapa dan pemanis dari gula kelapa. Cara penggunaanya yaitu dengan dimakan seperti biasa.

Untuk mengobati demam
Ambil akar cincau secukupnya, lalu seduh dengan air panas kemudian saring untuk diambil airnya, setelah dingin minum air saringan tersebut.

Menurunkan demam atau panas pada anak - anak
Daun cincau yang menyegarkan ternyata dapat digunakan untuk menurunkan demam atau panas pada anak. Caranya ambil dua lembar daun cincau dan rendam dengan lima sendok air matang. Kemudian remas-remas daun cincau hingga air berubah warna menjadi hijau dan kental. Saring dan segera minumkan pada anak yang sedang demam atau panas, lakukan 3 atau 4 jam sekali.

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi
Caranya ambil beberapa daun cincau, rendam dengan air dan remas-remas hingga air mejadi hijau. Saring dan tambahkan sedikit gula aren sebagai penambah rasa manis, kemudian minum sebelum mengental atau menjadi seperti agar.

Mengatasi radang lambung, typhus dan usus
Ambil 50 gram daun cincau yang masih segar cuci hingga bersih, tambahkan empat gelas air matang, remas - remas higgga airnya menjadi hijau dan mengental, kemudian saring dan tambahkan gula aren secukupnya. Minum air tersebut tiga kali sehari.

                                                               ==============

Cincau adalah tumbuhan yang mudah berkembang biak dan paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar seperti es cincau dan es campur, selain harganya murah dan terjangkau ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat khasiat yang luar biasa, seperti yang telah di terangkan di atas. Semoga bisa berguna serata bermanfaat bagi kita semua, dan jangan lupa lihat juga manfaat khasiat tanaman lainnya di mannfaat daun obat, tanaman obat, dan obat tradisional.
Title : Manfaat Khasiat Tanaman Cincau Untuk Kesehatan
Description : Di Indonesia terdapat dua jenis cincau yang dikenal orang, yaitu cincau hijau dan hitam. Cincau berwarna hijau dihasilkan dari dua jenis tum...