Manfaat Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Bawang merah (Allium cepa var aggregatum), terkenal sebagai bumbu masakan dan hampir semua orang mengenalinya. Tanaman ini ternyata memiliki banyak kandungan serta bermanfaat sebagai pelezat masakan dan berkhasiat untuk kesehatan (Obat tradisional).

manfaat khasiat bawang merah

Bawang merah mengandung minyak atsiri, siloalilin, dihidroakiin, flavogliksosida, kuersetin, poptida, vitamin, vitohormon dan zat pati.

Khasiat

  • Bermanfaat untuk mengatsi sakit kepala, mengobati batuk, sakit tenggorokan, melancarkan buang air besar, mengatasi haid tidak teratur, demam pada anak, perut kembung pada anak, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak.
  • Zat yang bermanfaat dalam bawang merah adalah: flavonglikosida yang berfungsi mengobati radang, lalu saponin yang membantu dalam mengencerkan dahak, dan antioksidan kuat yang bertindak sebagai agen yang menghambat sel kanker. 
  • Kandungan minyak atsiri pada bawang merah juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah.

Berikut salah satu contoh mengolah bawang merah untuk dijadikan herbal atau obat tradisional sederhana:

Untuk mengobati perut kembung dan masuk angin
Ambil masing-masing satu siung bawang merah dan bawang putih, lalu tumbuk keduanya secara bersamaan, tambahkan 5-8 tetes minyak kayu putih dan aduk hingga rata. Kemudian oleskan pada perut dan punggung secara merata.

Mungkin hanya itu yang biasa saya sampaikan tentang manfaat khasiat bawang merah. Jangan lupa lihat juga manfaat khasiat bandotan untuk keshatan atau herbal.
Title : Manfaat Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh
Description : Bawang merah ( Allium cepa var aggregatum ), terkenal sebagai bumbu masakan dan hampir semua orang mengenalinya. Tanaman ini ternyata memili...