Manfaat Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Atau Herbal

Bawang putih (Allium sativum) merupakan nama tanaman dari genus Allium dikenal dengan tumbuhan terna berumbi lapis atau siung yang bersusun, bawang putih merupakan tanaman yang berumpun dan tinginya bisa mencapai 100 cm, seperti bawang merah bawang putih juga dimanfaatkan sebgai bumbu masakan.

manfaat khasiat bawang putih

Bawang putih kaya akan kandungan kimia yang memiliki aktivitas biologi dan bermanfaat dalam pengobatan, hal ini karnna adanya kandungan senyawa organosulfur, diantaranya:

  • Senyawa S-ak(en)-il-L-Sisten Sulfoksida (ACSOs), yakni senyawa yang diduga paling banyak terdapat pada bawang putih, contoh nya Alliin dan y-glutamilsistein, yang berfungsi sebagai antibakteri. 
  • Bawang putih mengandung minyak atsiri yang bersifat antiseptik dan antibakteri.
  • Bawang putih juga mengandung zat aktif awcin,sinistrine, selenium, scordinin, nicotinic acid, awn, enzim alinase, germanium dan sativine.

Manfaat Khasiat

Penangkal serangan kanker
Bawang putih mengandung dialil sulfida yang memiliki peran mencegah kanker yang bisa membahayakan jiwa anda. Bagi perempuan, mengkonsumsi bawang putih secara tidak berlebihan dapat menangkal kanker pada payudara.

Obat untuk penderita diabetes
Bawang putih mampu mengontrol kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes. Sehingga sangat cocok sebagai obat alami bagi yang mengalami penyakit atau gejala diabetes.

Mengurangi kadar kolesterol
Kandungan kolesterol jahat dalam darah tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi bawang putih merupakan langkah tepat dan terbukti ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat tersebut.

Sebagai pelindung organ jantung
Radikal bebas yang bercampur dengan oksigen yang dihirup dapat membahayakan kesehatan jantung. Bawang putih mampu melindungi organ jantung dari berbagai radikal bebas yang bertebaran di udara.

Menghindarkan berbagai penyakit kulit
Kandungan zat kimia yang bernama ajoene didalam bawang putih berkhasiat untuk membasmi berbagai infeksi jamur yang menyerang kulit tubuh.

Sebagai antivirus dan antibakteri
Bawang putih bersifat sebagai antivirus dan antibakteri, sehingga bawang putih dapat menangkal berbagai serangan virus maupun bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh anda.

Mengontrol tekanan darah
Kandungan gas hidrogen sulfida dalam bawang putih bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah serta berperan besar dalam mengontrol tekanan darah seseorang.

Berikut adalah beberpa contoh mengolah bawang putih untuk mengatasi beberapa penyakit atau untuk dijadikan sebagai obat tradisional:

Untuk mengobati batuk
Ambil beberapa bawang putih, lalu tumbuk hingga halus, tambahkan air susu sebanyak 1 gelas, lalu panaskan selama 1-2 menit, minum air olahan ini sebanyak 3 kali sehari.

Mengobati wasir
Sediakan beberapa bawang putih, tumbuk bawang tersebut hingga memar, lalu bersihkan daerah anus dengan airhangat dan sabun, setelah bersih oleskan bawang putih yang sudah dimemarkan dan diamkan selama 15 menit, kemudiaan bersihkan kembali anus dengan air hangat dan sabun. lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari sampai sembuh.

                                                         ==================

Itulah manfaat khasiat bawang putih untuk kesehatan atau herbal, lihat juga manfaat khasiat bawang merah yang tidak kalah penting manfaat khasiat nya.
Title : Manfaat Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Atau Herbal
Description : Bawang putih ( Allium sativum ) merupakan nama tanaman dari genus Allium dikenal dengan tumbuhan terna berumbi lapis atau siung yang bersu...