Cara Mengobati Keputihan Dengan Herbal Alami

Keputihan atau disebut juga (Fluor Albus), merupakan sekresi vagina pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal didalam vagina dan disekitar bibir vagina bagian luar. 

cara mengobati keputihan
 
Yang sering menimbulkan keputihan ini antaralain, bakteri, jamur, virus atau juga parasit, infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat sedang buang air kecil.

Berikut ini adalah gejala dan ciri - ciri keputihan:

  • Keputihan karena jamur di cirikan dengan rasa gatal pada vulva dan sekitarnya, cairan berwana putih dan agak kekuning-kuningan, dan berbau menyengat
  • Keputihan karena Virus dicirikan seperti adanya luka melepuh seperti terbakar di sekitar bagian dalam vagina cairan yang sangat gatal dan dalam vagina terasa panas
  • Keputihan karena bakteri dicirikan dengan cairannya encer dengan warna putih keabu-abuan beraroma amis.
  • Keputihan karena parasit di cirikan dengan munculnya cairan kental yang berwarna kuning kehijauan dengan aroma tak sedap dan berbusa.

Berikut adalah penyebab dari keputihan:

Kurangnya kebersihan
Hal yang sangat dan sangat penting adalah faktor kebersihan. Penyakit keputihan bersumber pada kebersihan di darerah alat kelamin. dan anda harus menjaganya dengan baik. Seumpama daerah alat kelamin tidak anda jaga kebersihannya maka akan menimbulkanberbagai macam penyakit salah satunya adalah keputihan.Infeksi berupa bakteri patogen akan sangat mudah untuk menyebarnya di karenakan adanya kelembaban alat kelamin mengalami peningkatan.

Penggunaan obat-obatan
Penggunaan obatantibitok dalam jangka lama bisa mengakibatkan sistem imunitas pada tubuhwanita, dan obat antibiotik biasanya dapat menimbulkan keputihan.

Stress
Semua organ tubuh dikontrol oleh otak, Otak merupakan pusat dari segala organ. maka dari itu ketika reseptor otak mengalami kondisistress maka hormon -hormon dalam tubuh anda menimbulkan terjadinya keputihan.

Jamur, parasit, bakteri dan virus
Jamur Monilia atau Candidas adalah penyebab utama dalam terjadinya keputihan di karenakan kelembaban yang terlalu tinggi maka jamur ini berkembang dengan cepat. Jamur Monilia atau Candidas mempunyai ciri2 warna putih seperti susu, cairannya sangat kentar, sangat berbau tidak enak dan menimbulkan rasagatal yang sangat menyiksa pada sekitar daerah vagina.

Obat tradisional warisan leluhur masih digunakan dalam menghilangkan keputihan, berikut adalah beberapa cara mengobati keputihan dengan obat tradisional:

Daun Sirih
Daun sirih atau piper betle merupakan tanaman asli Indonesia yang memiliki kandungan minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zar samak dan kavikol yang mempunyai manfaat dalam mematikan kuman, memiliki kandungan antioksidan dan anti jamur. Daun sirih bermanfaat dalam menghilangkan keputihan, caranya dengan mengambil sepuluh helai daun sirih yang telah dibersihkan kemudian direbus dengan dua liter air selama lima menit, tunggu hingga air rebusan hangat, gunakan air rebusan untuk membasuh area kewanitaan secara teratur seminggu tiga kali. Ingat jangan terlalu sering membasuh area kewanitaan dengan daun sirih, karena justru akan menghilangkan bakteri baik yang seharusnya dapat menjaga ph kewanitaan anda.

Lidah Buaya
Siapa sangka tumbuhan yang berkhasiat untuk bahan penyubur rambut , yang dikenal dengan istilah biologi yaitu aloe vera atau lidah buaya yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E dan merupakan anti oksidan alami. Lidah buaya juga memiliki kandungan antiseptik, antijamur, antibakteri dan antivirus yang dapat mengatasi keputihan karena kandungan antiseptiknya. Dengan mengambil bagian dalam daging lidah buaya kemudian potong-potong dan blender, rebus bersama dua gelas air dengan lima lembar daun sambiloto , tunggu hingga hangat dan gunakan untuk membasuh vagina , baik dilakukan dua kali sehari.

Sambiloto
Tumbuhan yang berasal dari asia tropika yang memiliki nama latin andrographis paniculata ness mempunyai kandungan laktone, homoandrografolid, flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral, asam kersik dan damar . Cara untuk menghilangkan keputihan dengan sambiloto adalah dengan mengambil tiga batang tanaman sambiloto, rebus bersama empat gelas air hingga menjadi dua gelas air kemudian saring dan diminum tiga kali sehari dengan dosis 3/4 gelas sekali minum.

Wanita yang mengalami keputihan mengeluarkan semacam silim dalam jumlah cukup banyak, berwarna putih kekuning-kuningan, dan dapat menyebabkan bau yang kurang sedap. Keputihan terjadi karena adanya infeksi dan peradangan pada liang vagina yang jika tidak segera diatasi dan menjadi parah akan menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup parah.

Maka dari itu buat para kaum hawa yang menderita penyakit keputihan tidak usah bingung untuk mengatasinya, dengan menggunakan obat tradisional dan dapat dibuat sendiri secara sederhana untuk mengatasinya.
Title : Cara Mengobati Keputihan Dengan Herbal Alami
Description : Keputihan atau disebut juga (Fluor Albus), merupakan sekresi vagina pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golo...