Tips Cara Mengatasi Bau Mulut

Salah satu penyebab paling umum dari halitosis dan dikenal lebih umum sebagai nafas yang bau karena terjadinya mulut yang kering, itu sebabnya mengapa nafas bau ini lebih dikenal sebagai bau mulut. Mulut yang kering sebagai akibat dari kurangnya minum air, atau sedang diperjalanan panjang, dan sedang tidur, ini akan menyebabkan tubuh kurang menghasilkan air liur yang mengarah ke mulut kering pada akhirnya akan menyebabkan sel-sel mati di dalam mulut, dan bakteri akan berkumpul menjadi penyebab bau tidak sedap yang kita kenal sebagai bau mulut.

cara mengobati bau mulut

Kita sering sekali melihat orang-orang mengetes bau nafas mereka dengan meniupkan nafas ke telapak tangan dan kemudian menciumnya untuk memastikan bau atau tidak, namun sebenarnya cara seperti itu tidaklah efektif. Cara paling mudah adalah dengan menjilat sisi belakang dari telapak tangan dan membiarkannya mengering kemudian menciumnya apakah bau atau tidak, karena penyebab paling umum dari nafas tidak sedap adalah lidah, maka dari itu cara seperti inilah yang harus kita lakukan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan napas menjadi bau / bau mulut

Bakteri pembusuk
Bakteri yang tersembunyi di rongga mulut bisa menyebabkan bau mulut, dan ini biasanya penyebab paling umum dari bau mulut. Bakteri yang membusukan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada sela-sela gigi, bakteri ini memproduksi senyawa belerang yang sangat mudah untuk menguap.

Tidak sarapan pagi
Coba anda rasakan deh, jika tidak sarapan pagi biasanya mulai agak siang mulut kita menjadi bau. Dalam mulut itu ada bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut, dengan sarapan maka produksi air liur dalam mulut akan meningkat dan akan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu sarapan sangat berguna untuk pencernaan.

Akibat gigi berlubang
Gigi berlubang dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap, hal ini disebabkan karena adanya penumpukan sisa makanan pada sela gigi yang berlubang sehingga akan mengalami pembusukan dan akan menimbulkan bau mulut, menimbulkan rasa sakit, dan gusi bengkak bahkan hingga infeksi.

Sariawan
Ketika anda sariawan biasanya terjadi infeksi di mulut dan akan menyebabkan nanah yang bisa berbau tidak sedap di mulut.

Merokok
Rokok selain menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya juga merupakan penyebab bau mulut yang sangat tidak sedap.

Penyakit tertentu
Bau mulut juga bisa disebabkan oleh sakit tertentu seperti radang tenggorokan, amandel, dan gangguan pencernaan.

Berikut Ini Bebepa Tips Cara Mengatasi Napas Bau / Bau mulut

Disiplin Menggosok Gigi
Menggosok gigi adalah cara yang sangat mendasar untuk menghilangkan bau mulut. Yang harus anda ingat adalah kedisiplianan dalam menggosok gigi. Terlalu sering juga tidak baik, terlalu jarang juga tidak baik. Gosok gigi sehari dua kali sudah cukup diwaktu pagi dan sebelum tidur, paksakan diri untuk lebih disiplin menggosok gigi, karena penyesalan dari ketidakdisiplinan dalam menggosok gigi akan terasa nanti.

Minum Teh Hijau dan Berkumur Daun Sirih
Meminum teh hijau bisa mengatasi bau mulut karena teh hijau mengandung anti oksidan yang sangat tinggi, teh hijau juga sangat menyehatkan tubuh dengan cara menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Sedangkan untuk daun sirih, bisa merebeus beberapa helai daun sirih lalu pakailah air rebusannya untuk berkumur, daun sirih akan memberikan efek hangat dan segar di dalam mulut karena ini merupakan mouth wash alami. Rempah lain seperti kayu putih, kayu manis, ketumbar, tarragon, mint, kapulaga dan rosemary juga dapat menangkal bau pada mulut.

Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet merupakan cara tambahan untuk menjaga mulut dari bau yang tidak sedap, dengan bahan dan kualitas yang baik bisa membantu membersihkan gigi kita. Mengunyah permen karet juga bisa menjadai sarana olah raga otot pipi supaya tetap kencang.

Mengkonsumsi Buah-Buahan
Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka air liur dalam mulut akan meningkat karena buah-buahan mengandung banyak air dan vitamin C. Contoh buah-buahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut adalah, pear, apel, jambu air, jeruk dan lain-lain. Serat buah yang tinggi juga bisa menjadi pembersih gigi, selain itu buah-buahan juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.
Title : Tips Cara Mengatasi Bau Mulut
Description : Salah satu penyebab paling umum dari halitosis dan dikenal lebih umum sebagai nafas yang bau karena terjadinya mulut yang kering, itu sebabn...