Rahasia Manfaat Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Nanas adalah salah satu buah yang mempunyai kandungan asam aspartic acid yang cukup tinggi. Asam aspartic berfungsi membantu proses metabolisme tubuh, dan tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia dan kecantikan kulit.

Kandungan gizi yang paling menonjol dari buah nanas adalah vitamin C dan mangan. Nanas juga kaya akan tembaga, serta mengandung cukup banyak vitamin B1, vitamin B6, serat pangan, folat, dan asam pantotenik, vitamin A juga ditemukan dalam nanas meski dalam jumlah kecil. Selain itu, ekstrak inti buah dan batang nanas banyak mengandung enzim proteolitik bromelain yang dapat membantu memecah protein.

manfaat khasiat buah nanas

Berikut Ini Adalah Manfaat Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh Manusia Serta Penjelasannya:

Memperlancar Pencernaan
Nanas banyak sekali mengandung serat alami dan baik untuk melancarkan pencernaan tubuh manusia. Pencernaan yang lancar ini dapat membantu dalam melancarkan buang air besar atau diare. Vitamin C yang terkandung juga dapat membantu sembelit dan enzim protease yang terkandung pada nanas mampu mencerna protein dalam tubuh.

Mengatasi Flu dan Demam
Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat cocok bagi penderita flu dan demam untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Nanas mampu membantu melancarkan hambatan yang ada pada tenggorokan sehingga flu dan batuk dapat cepat sembuh. Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas juga dapat membantu memerangi virus yang menyebabkan flu.

Menjaga Kesehatan Gigi
Kesehatan pada gigi tentu harus terus dijaga, salah satunya dengan buah nanas yang kandungan vitamin C nya mampu membantu pencegahan plak pada gigi yang dapat menimbukan nyeri pada gusi gigi.

Mengobati Peradangan Kulit
Nanas mampu mengobati masalah pada peradangan kulit seperti kulit yang mengelupas atau bersisik. Dengan memarut buah nanas secukupnya dan menempelkan hasil parutan tersebut ke bagian kulit yang bermasalah, cara itu akan membantu mengatasi peradangan pada kulit. Lakukan cara ini pada malam hari hingga pagi hari, lalu dibersihkan dengan air hingga bersih.

Menghaluskan Kulit
Selain dapat mengatasi permasalahan seperti pada peradangan kulit. Nanas juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Karena, kandungan air yang ada pada buah nanas dapat mengangkat sel kulit mati.

Mengatasi Kembung Pada Perut
Kembung sendiri disebabkan oleh gas yang berlebihan pada suatu saluran pencernaan lambung dan usus. Buah nanas dapat mengatasi atau meredakan kembung pada perut dengan cukup mengkonsumsi jus buah nanas sebelum makan.

Mengobati Asam Urat
Para ahli dan pakar telah merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung enzim bromelain dan kalium untuk mengatasi asam urat. Kandungan tersebut bersifat diuretik yang mampu membantu mengatasi masalah asam urat. Tentu tidak mengonsumsi nanas terlalu matang, karena dapat mengakibatkan kadar asam urat naik.

Menyuburkan Rambut
Kandungan senyawa Cystine dapat membantu menyuburkan dan menunda penuaan pada rambut. Senyawa cystine pada buah nanas ini dapat membantu dalam proses pembentukan kulit dan juga rambut. Dengan adanya senyawa cystine ini pula dapat memperlambat proses penuaan.

Meredakan Radang Tenggorokan
Vitamin C yang terkandung sangat baik untuk mengatasi dan meredakan radang pada tenggorokkan. Saat ini memang banyak sekali cara untuk meredakan radang tenggorokan, tapi tidak dengan menggunkan bahan yang alami seperti dengan buah nanas ini

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Nanas mengandung kandungan asam amino yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Asam amino memang sudah terkenal ampuh untuk mengatasi rasa lelah atau lain sebagainya. Untuk itu rajin mengonsumsi buah nanas ini setiap hari akan dapat membantu tubuh lebih sehat dan bugar.

Menurunkan Tekanan Darah
Buah Nanas mengandung kaya akan kalium yang sangat bermanfaat untuk penderita darah tinggi. Kandungan serat yang ada didalamnya pun sangat membantu untuk mencegah lemak terserap di dalam saluran pencernaan. Sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari untuk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurunkan Berat Badan atau Diet
Kandungan enzim yang terdapat pada buah nanas ini mampu menyerap lemak pada pencernaan sehingga akan terbuang bersamaan dengan feses. Enzim tersebut bernama Proteiolitik. Selain itu, vitamin c juga dapat membantu dalam proses pembakaran lemak agar tidak menumpuk didalam tubuh.

Mengatasi Ketombe
Nanas juga dapat berperan sebagai perawatan untuk rambut. Salah satunya ialah mengatasi ketombe yang menggangu. Cara mengatasinya sangat mudah, hanya perlu menambahkan air perasan nanas yang telah ditambah dengan jeruk nipis yang bisa langusng diaplikasikan di kulit kepala yang berketombe.

                                                  ====================

Cukup sekian uraian artikel tentang manfaat khasiat buah nanas untuk kesehatan tubuh manusia, semoga bisa bermanfaat dan sedikitnya membantu memperluas pengtahuan kita untuk memhami tentang obat tradiasional.
Title : Rahasia Manfaat Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan
Description : Nanas adalah salah satu buah yang mempunyai kandungan asam aspartic acid yang cukup tinggi. Asam aspartic berfungsi membantu proses metaboli...