Cara Mengatasi Batuk Dengan Cara Alami

Batuk merupakan penyakit yang berasal dari virus dan mungkin hampir semua orang sudah mengalamminya. Batuk biasanya disertai flu dan dahak, penyakit ini akan sangat menyiksa karena dada akan terasa sakit disebabkan terjadi banyak gerakan ketika saat batuk.

cara mengatasi batuk

Dalam batuk ada yang disebut dengan batuk berdahak dan batuk tidak berdahak, batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian manusia yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi.

Berikut adalah cara mengatasi ketika lagi terserang virus batuk:

  1. Perbanyaklah minum air putih kurang lebih antara 1 liter per harinya, karena air putih bisa membantu mengencerkan dahak.
  2. Menjauhi tempat yang mengandung debu dan juga tempat yang dingin, karena kedua hal tersebut dikenal sebagai penyebab batuk.
  3. Jaga tubuh kita supaya tetap hangat, bisa dengan mengunakan selimut atau jaket.
  4. Kalau mandi jangan lupa untuk menggunakan air hangat.
  5. Menghentikan kebiasaan buruk yang bisa memperparah sakit batuk berdahak seperti, merokok atau minum alkohol.
  6. Beristirahat secara teratur dan jangan terlalu berlebihan menggunakan tenaga untuk bekerja.

Berikut ini cara mengobati batuk dengan cara alami dan menggunakan herbal tadisional:

Jahe
Sebagaimana diketahui bahwa jahe mengandung zat anti bakteri yang baik, jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan mengobati batuk berdahak. Jika sedang mengalami batuk berdahak sangat dianjurkan untuk meminum sari jahe hangat minimal sehari sekali. Cara pembuatannya pun sangat mudah, yaitu dengan mengiris jahe dan kencur, kemudian direbus dan diambil air perasannya, kemudian minum air perasan tersebut.

Jeruk nipis
Sudah banyak orang yang merasakan bahwa jeruk nipis yang dicampurkan dengan kecap mujarab untuk mengobati batuk berdahak. Jika tidak suka kecap kita bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu. Minumlah air perasan jeruk nipis dengan kecap atau madu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Daun sirih
Daun sirih juga bisa dijadikan obat untuk mengobati batuk berdahak, caranya: Dengan merebus daun sirih secukupnya dan campurkan juga potongan Jahe. Kemudian air rebusannya diminum sebanyak minimal sekali dalam sehari supaya tubuh tetap hangat dan sehat.

Kunyit
Siapkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan tambahkan sedikit madu kemudian campurkan kedalam satu air gelas susu. Minum air tersebut 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Madu dan lada putih
Campurkanlah lada putih 1/2 sendok pada 1 gelas air teh hangat dan tambahkan 1 sendok madu, dan minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas

Daun asam muda
Daun asam muda juga dapat berfungsi menyembuhkan batuk kering. Caranya, ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih, saring dan minum.

Kemangi
Daun kemangi selain memiliki wangi yang khas, ia juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi batuk berdahak, caranya: Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 genggam daun kemangi, rebus menjadi satu, setelah dingin saring dan minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

                                                    ==============

Banyak keuntungan menggunakan bahan - bahan alami tersebut karena memiliki khasiat yang berbeda dengan obat - obatan yang mengandung bahan kimia, karena bahan - bahan alami terbebas dari efek samping apapun sehingga bisa digunakan secara berkelanjutan.
Title : Cara Mengatasi Batuk Dengan Cara Alami
Description : Batuk merupakan penyakit yang berasal dari virus dan mungkin hampir semua orang sudah mengalamminya. Batuk biasanya disertai flu dan dahak, ...